Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE UNJ 2016

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi merupakan salah satu Program Kerja dari Departemen HRD BEM Fakultas Ekonomi. Acara ini adalah acara yang diselenggarakan untuk mencetak atau menghasilkan pemimpin berkualitsa khususnya di Fakultas Ekonomi UNJ.

Tema Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE UNJ 2016: Membangun jiwa pemimpin cerdas yang bertanggung jawab, bermoral dan profesional

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi (PKMFE) pada tahun ini diikuti oleh 130 mahasiswa/i FE dari berbagai angkatan. Acara PKMFE memiliki tiga rangkaian, yaitu Briefing, Pra PKMFE dan PAS PKMFE.

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE

1.Briefing Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE UNJ

Briefing merupakan rangkaian pertama dari acara Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang diadakan pada tanggal 29 April 2016 bertempat di Gedung N ruang 104-105. Briefing dimulai pukul 16.00 dengan pembukaan oleh MC, dan berakhir pada pukul 17.30 dengan kumpul kelompok yang dipandu oleh fasil masing-masing.  Pada saat briefing, peserta mendapatkan sosialisasi mengenai acara Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi, penugasan, pembacaan tata tertib dan pembagian kelompok.

2.Pra Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE UNJ

Rangkaian kedua dari Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi adalah Pra PKMFE yang diadakan pada Hari sabtu, 14 Mei 2016 bertempat di Gedung ADM ruang 301-304. Acara Pra PKMFE dimulai pukul 9.30. Pembukaan dipandu oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tilawah, saritilawah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang di bawakan oleh peserta Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Acara selanjutnya adalah pembukaan oleh Dzhokar Sirkomba selaku ketua pelaksana dan Heri Kurniawan selaku ketua BEM Fakultas Ekonomi.

Pada saat pra, ada dua materi yang disampaikan, materi pertama adalah materi Negosiasi yang di sampaikan oleh Ka Roby Tri Wahyudi. Materi ini bukan hanya menuntut peserta untuk mengerti apa itu negosiasi, namun peserta diminta untuk mempraktekan negosiasi secara langsung, yang dipandu oleh ka Roby. Materi dua adalah materi Pendidikan kontemporer yang disampaikan oleh ka Rony Setiawan. Dalam materi kontemporer, peserta Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dibagi kedalam 4 kelompok diskusi yang diberi waktu selama 15 menit untuk masing-masing kelompok mendiskusikan terkait BOPTN. Setelah itu, perwakilan masing-masing kelompok diberi waktu selama 5 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Acara Pra Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Fakultas Ekonomidiakhiri dengan kumpul fasil hingga pukul 17.20.

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE UNJ

3.Pas Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa FE UNJ

Rangkaian terakhir dari acara PKMFE adalah pas PKMFE yang berlangsung selama tiga hari dua malam, 20-22 Mei 2016 yang bertempat  di Villa At-Thohirin daerah megamendung, Bogor. Acara pas PKMFE bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, oleh karena itu, Peserta terbagi menjadi dua kelompok keberangkatan, kelompok pertama adalah kelompok yang tidak mengikuti aksi dan kelompok yang mengikuti aksi. Bagi yang tidak mengikuti aksi, maka mereka harus sampai di villa pada pukul 17.00 WIB, sedangkan bagi yang mengikuti aksi, mereka harus tiba pukul 22.00 WIB. Namun pada kenyataannya, sebagian besar dari mereka baru tiba diatas pukul 22.00, kemudian mereka langsung makan, shalat dan istirahat.

PKMFE UNJ

Hari Kedua

Hari kedua pas PKMFE, Sabtu 21 Mei 2016, peserta mulai beraktifitas pada pukul 03.00 WIB untuk melaksanakan Shalat Tahajud berjama’ah, yang dilanjutkan dengan tilawah Al-Quran, shalat subuh berjamaah, pembacaan Al-Matsurat dan kultum yang dipimpin oleh peserta. Pada hari sabtu, terdapat tiga materi yang disampaikan kepada peserta. Materi pertama adalah Aplikasi Pengabdian Masyarakat. Pada pengabdian masyarakat, masing-masing kelompok diberi waktu selama 60 menit untuk benar-benar berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Pada Aplikasi pengabdian masyakarkat, panitia juga mencari kelompok pengabdian masyarakat terbaik yang jatuh kepada kelompok 5, dan kelompok ke 3 Sebagai live tweet pengabdian masyarakat terbaik.

  • Materi selanjutnya adalah Materi Pergerakan Mahasiswa yang disampaikan oleh ka Syahril Sidiq. Dalam materi pergerakan mahasiswa, peserta tidak hanya mengerti tentang apa itu pergerakan mahasiswa, namun, diadakan simulasi aksi agar mereka lebih memahami apa itu pergerakan mahasiswa. Dalam pergerakan Mahasiswa, terdapat tiga komponen didalamnya, yaitu masa aksi, masa aksi tandingan, dan polisi.
  • Materi ketiga adalah materi Urgensi kaderisasi yang disampaikan oleh Ka Sandy Nugraha. Materi ini berlangsung mulai pukul 14.30-16.00. pada materi Urgensi Kaderisasi, peserta diberi materi untuk memahami apa itu kaderisasi sebagai solusi untuk regenerasi. Pada sore hari, diadakan pemilihan ketua “Good Morning” sebagai acara Pasca PKMFE, dan terpilihlah Akbar dari S1 Akuntansi sebagai ketua “Good Morning 2016”. Acara malam itu ditutup dengan Kapita Selekta dari BEM Faktultas Ekonomi.

PKMFE unj 2016

Hari Terakhir

Minggu, 22 Mei 2016, merupakan hari terakhir pelaksanaan pas PKMFE 2016. Hari itu, dimulai dengan pelaksanaan Shalat Tahajud pada pukul 01.30 dan dilanjutkan dengan Wisata Malam. Wisata malam memiliki 5 pos yang berbeda, yaitu pos review materi, Organisasi, Mental, Kepemimpinan, dan pos bayangan.

Minggu pagi mereka memulai aktititas dengan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan outbond. Setelah outbond peserta diarahkan untuk packing. Acara terakhir sebelum penutupan adalah presentasi lima kelompok terbaik pengabdian masyarakat, dan pengumuman peserta terbaik putra yaitu Akbar, sedangkan peserta terbaik putri yaitu Yuliani Yogi Pangastuti. Sebelum pulang, diadakan doa bersama untuk keselamatan peserta, panitia dan seluruh orang yang terlibat dalam PKMFE agar selamat sampai tujuan.

 

©HRD BEM FE UNJ 2016



Lebih dekat dengan kami, kunjungi akun media social kami di

 Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *