Membangun Negeri dengan Aksi Bersama FE UNJ Mengabdi

“Salah satu kenapa Tuhan memberikan kekuatan kepada kita adalah, agar kita dapat menolong orang lain”

FE UNJ Mengabdi adalah salah satu program kerja dari departemen sosial politik BEM FE UNJ yang beraliansi dengan Sospol se-FE (Sosma, Kesma, RnS, Muamalah, Comdev, dan Pandawa) guna meningkatkan kepedulian mahasiswa Fakultas Ekonomi terhadap Rakyat serta membantu meringankan beban saudara – saudara yang membutuhkan. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada hari Sabtu dan Minggu 4 dan 5 Juni 2016 dengan mengusung tema  “Membangun Negeri dengan Aksi”. Bentuk kegiatan yang ada dalam konten FE UNJ Mengabdi diantaranya adalah pengajaran siswa Comdev FE, pemberdayaan masyarakat, pengajian masyarakat, kerja bakti, renovasi tempat comdev, dan bakti sosial berupa pembagian pakaian layak pakai dan sembako kepada masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan berlangsung di Jl. D.I Panjaitan Cawang 3 RT 01/06 Kel. Kebon Pala Kec. Makasar (Comdev FE), karena tempat ini merupakan desa binaan FE.

Membangun Negeri dengan Aksi FE UNJ Mengabdi

Hari pertama FE UNJ Mengabdi (Sabtu, 04 Juni 2016)

Terlaksana FE UNJ Mengabdi di Aula Comdev FE, Penas – Kalimalang. Panitia berkumpul sejak pukul 07.00 pagi di Sekretariat BEM FE UNJ untuk kemudian bergegas menuju Aula Comdev FE. Acara dimulai pukul 09.00 pagi dibuka oleh Fiko dan ditambah sambutan oleh Feri Ardiansyah selaku Kadept. Sospol BEM FE UNJ. Rangkaian pertama diawali dengan Pengajaran siswa/i Comdev FE dengan tema menyambut Ramadhan. Tak kalah seru ada dongeng tentang Ramadhan yang disajikan oleh Gibran, Hikmah, dan April dan dilanjutkan oleh games hinggal pukul 10.15

Agenda berikutnya adalah berbagi ilmu bersama ibu – ibu warga sekitar Penas pada pukul 10.30 dengan tema “Character Building” yang disampaikan oleh Bu Hania Dosen FE UNJ. Agenda Character Building ini berakhir pada pukul 12.00 dan selanjutnya diakhiri dengan ishoma.

Setelah ishoma, dilanjutkan dengan materi Manajemen Organisasi yang disampaikan oleh Syahril Sidiq untuk anak pemuda terutama yang bergabung dalam Karang Taruna di lingkungan Penas. Pemateri membentuk kelompok untuk mengajak warga berdiskusi tentang segala permasalahan yang ada di Penas serta solusi untuk kedepannya. Karena anak muda lah yang dapat melakukan aksi nyata dalam pembangunan kampong ini. Acara dilanjutkan dengan shalat ashar.

Setelah shalat ashar, dilanjutkan dengan pengajian bersama bapak dengan ibu sekitar Kampung Sawah. Pengajian diisi oleh Fajar dari FMIPA sebagai narasumber. Pengajian ini juga sebagai sarana silaturahmi dengan warga sekitar Penas.

Membangun Negeri Aksi Bersama FE UNJ Mengabdi

Hari Kedua FE UNJ Mengabdi (Minggu, 05 Juni 2016)

Hari minggu yang cerah yang biasa diisi oleh agenda keluarga, namun panitia FE UNJ Mengabdi masih mengagendakan kegiatan mengabdi untuk membuat lingkungan Penas lebih baik lagi.

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 pagi diawali dengan agenda membersihkan lingkungan, seluruh agenda dimulai secara serempak yakni kerja bakti membersihkan lingkungan, cat Mushollah, cat Aula Comdev, serta cat dinding sepanjang jalan yang diisi dengan kata – kata yang penuh makna seperti “Anda memasuki kawasan wajib senyum”. Kegiatan tak hanya dijalankan oleh panitia namun bersama sama dengan seluruh warga sekitar. Agenda dilanjutkan dengan ishoma.

Setelah shalat dzuhur dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diwakilkan oleh Perwakilan warga bersama Heri Kurniawan selaku Ketua BEM FE UNJ. Seluruh warga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh panitia.

Kemudian agenda yang disambut antusias oleh warga sekitar adalah menjual pakaian preloved dengan harga yang sangat murah. Adapun pembagian paket pendidikan untuk anak – anak dan pembagian sembako dengan menukarkan kupon.

Itulah sedikit release mengenai FE UNJ Mengabdi. Semoga kita akan tetap senantiasa diberi kekuatan serta kesempatan untuk membantu orang-orang sekitar meskipun hanya dengan hal-hal sederhana.

©SOSPOL BEM FE UNJ 2016



Lebih dekat dengan kami, kunjungi akun media social kami di

 Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *