10 Little Things That Changed The Course of History

IMG-20170403-WA0008

YUMMI #3

Yuk Membaca & Menulis!

Kamu suka sejarah dunia?

Simak yuk kalo kamu tertarik dengan sejarah-sejarah dunia!

Sejarah, kadang bisa sangat brutal penuh darah, namun kadang bisa pula menjadi menarik tergantung dari perspektif mana kita memandangnya. Tapi apakah kamu tahu bahwa beberapa peristiwa yang paling penting dan paling menghancurkan dalam sejarah manusia adalah hasil dari kesalahan kecil yang tak pernah terbayangkan sebelumnya

Mari lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui siapa dan apa yang terjadi akibat kesalahan-kesalahan kecil tersebut dan bagaimana prosesnya dari sebuah kesalahan kecil saja bisa bertanggung jawab atas kejadian berskala besar di dunia……

10 LITTLE THINGS THAT CHANGED THE COURSE OF HISTORY

  1. Hiroshima & Nagasaki, Ketika Bom Yang Terjadi Berawal Dari Kesalahpahaman

Peristiwa ini bisa jadi merupakan misinterprestasi paling fatal dalam sejarah manusia. Ketika sebuah bahasa Jepang disalah artikan dan mendorong jatuhnya keputusan dari presiden Harry S. Truman untuk membom Atom Hiroshima dan Nagasaki.

Hal ini terungkap ketika wartawan bertanya kepada perdana mentri Jepang, Kantaro Suzuki tentang pernyataan deklarasi menyerah Jepang yang tanpa syarat saat berlangsungnya perang dunia II, saat itu dia menjawab “Mokusatsu” yang mungkin berarti “tak ada komentar”. Tapi kata ini memiliki banyak makna, dan beberapa orang mengartikannya sebagai “Kami mengabaikan deklarasi”

Inilah yang kemudian dilaporkan oleh reporter-reporter Amerika dan sekitar 10 hari kemudian, dua bom atom Amerika menghantam Hiroshima dan Nagasaki.

  1. Sebuah Meteor Bertanggung Jawab Dalam Penyebaran Agama Kristen

Seorang Kaisar Romawi bernama Konstantin yang memerintah pada tahun 306 – 337 M, adalah seorang tokoh penting dalam sejarah Kekristenan, karena ia adalah orang pertama yang mengklaim konversi ke Kristen di Kekaisaran Romawi. Selain itu, dia juga memainkan peran penting yang memungkinkan toleransi agama Kristen di masa itu. Pada akibatnya ini merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam penyebaran agama Kristen.

Namun cerita ketika dirinya memutuskan menjadi Kristen sangat unik yaitu karena dirinya mengamati dan melihat sebuah salib dilangit, saat ia berada di medan pertempuran. Saat itu dia mengaku telah melihat pesan Allah yang membimbing dia dalam pertempuran tersebut.

Saat ini para ahli Geologi percaya bahwa apa yang telah dilihat oleh Konstantin adalah sebuah meteor yang membuat lintasan ilusi berbentuk salib yang oleh Konstantin diartikan sebagai pesan dari Tuhan.

  1. Kunci Yang Seharusnya Bisa Menyelamatkan Titanic

Titanic diketahui menabrak gunung es yang mengakibatkan karamnya kapal tersebut dalam perjalanannya yang perdana ke Amerika Serikat. Di ketahui bahwa awak kapal Titanic tidak menggunakan teropong yang seharusnya bisa menghindarkan mereka dari bahaya, jika saja mereka melihat gunung es lebih awal.

Rupanya, David Blair yang diberi tugas sebagai perwira kedua dikapal, diganti , dan ketika dia pergi, secara tak sengaja dia menyimpan kunci lokernya. Di dalam lokernya tersebut dipercaya tersimpan teropong yang dimaksudkan untuk digunakan awak kapal yang bertugas untuk melihat arah kapal di depannya.

Saat ini, kunci ini bernilai sangat tinggi dipasar lelang. Hal itu terjadi karena kunci ini seharusnya bisa menyelamatkan Titanic dari tabrakan yang menenggelamkannya itu. Kuncinya saat ini dilelang dan seorang pria asal China telah membelinya dengan harga 90.000 Poundsterling.

  1. Napoleon Hampir Saja Tidak Menjadi Warga Perancis

Napoleon Bonaparte adalah seorang pemimpin militer dan politik Perancis, yang bangkit dan memimpin revolusi Perancis. Napoleon juga memimpin beberapa kampanye yang sukses dengan gemilang.

Berkat prestasinya yang luar biasa, kepribadiannya yang kuat dan berani serta pengaruhnya yang menonjol pada dunia, Napoleon menjadi salah satu tokoh yang paling terkenal dan kontroversial dalam sejarah umat manusia.

Tapi semuanya itu tidak akan terjadi apabila dirinya tidak menjadi orang Perancis. Dan menurut sejarawan ia hampir saja tidak menjadi orang Perancis. Pulau tempat Napoleon lahir baru saja menjadi milik Perancis tiga bulan sebelum kelahiran dirinya. Jika saat terlambat, maka bisa dipastikan Napoleon bukan merupakan orang / warga negara Perancis saat dilahirkan.

  1. Hampir Saja Dunia Tidak Mengenal East India Company

Robert Clive, seorang Jenderal Gubernur Bengal di East India Company adalah salah satu dari sedikit orang yang bertanggung jawab atas pembentukan kongsi dagang perusahaan tersebut. Clive memimpin pertempuran melawan pasukan Perancis dan keluar dengan kemenangan. Kemenangan ini kelak terbukti menjadi salah satu kemenangan paling penting bagi perusahaan ini.

Memang hingga hari ini, hal ini belum dikonfirmasi secara resmi, tetapi beberapa ahli sejarah percaya bahwa Robert Clive mencoba bunuh diri pada usia 19 tahun, namun gagal dan kemudian pada perkembangannya menjadi salah satu tokoh yang paling menonjol dalam East India Company.

  1. Osama Bin Laden Hampir Tewas Sebelum 9/11

Bill Clinton, mantan presiden Amerika Serikat pernah memiliki pilihan untuk membunuh Osama Bin Laden pada tahun 1998. Namun ia memutuskan untuk tidak membunuhnya, demi menyelamatkan 300 warga sipil tak berdosa yang juga akan turut meninggal apabila Amerika memutuskan untuk terus menyerang.

Tiga tahun kemudian, Osama bin Laden diplot menjadi otak serangan yang meruntuhkan gedung World Trade Center ( WTC ) yang menyebabkan tewasnya 2996 orang dan melukai lebih dari 6000 orang lainnya. Belum termasuk total kerugian yang mencapai 10 Milyar Dollar akibat runtuhnya gedung tersebut.

Tetapi Bill Clinton tidak dapat disalahkan, saat itu Clinton dianggap telah mengambil keputusan terbaik, menyelamatkan 300 orang yang tidak bersalah demi membunuh seorang teroris. Osama bin Laden sendiri akhirnya benar-benar meninggal pada tahun 2011

  1. Safety Glass Ditemukan Akibat Kecelakaan

Jika anda sedang tidak beruntung dan mengalami kecelakaan saat mengemudi mobil, maka berbahagialah karena saat ini telah ditemukan sebuah kaca pengaman di depan anda yang menghindari benturan yang memecahkan kaca yang berpotensi membahayakan mata anda.

Kaca di depan mobil kini telah terbuat dari Safety Glass yang sangat ulet untuk dipecahkan. Kaca pengaman atau Safety Glass sebenarnya ditemukan pada tahun 1903 yang kebetulan ditemukan setelah terlebih dahulu terjadi kecelakaan. Ketika itu seorang ilmuwan Perancis Edouard Benedictus menjatuhkan termos kaca yang mengandung selulosa plastik dan nitrat dan termos kaca ini tidak pecah ketika terjatuh.

Dari kejadian inilah yang akhirnya menginspirasi pembuatan kaca ini.

  1. Kebakaran Hutan Terbesar di California Diakibatkan Oleh Orang Tersesat

Pada tahun 2003 yang lalu, kebakaran hutan dan ladang terbesar sepanjang sejarah California terjadi. Saking besarnya peristiwa ini membakar area yang sangat luas yang mencapai total 3200 kilometer persegi. Akibatnya total kerugian diperkirakan mencapai 27 juta dollar akibat musnahnya properti dan ladang pertanian penduduk, belum lagi hilangnya sekitar 15 nyawa.

Setelah diselidiki ternyata kebakaran ini disebabkan oleh seorang pemburu bernama Sergio Martinez, yang tersesat saat melakukan perburuan. Dia menyalakan api sebagai sinyal meminta tolong tetapi kondisi lingkungan yang kering dan dengan bantuan angin menyebabkan api dengan cepat membesar dan membakar segalanya hingga menjadi bencana nasional.

  1. Penisilin Ditemukan Secara Kebetulan

Antibiotik Penisilin termasuk penisilin pertama dan paling penting yang ditemukan. Antibiotik ini secara efektif mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang sebelum penemuannya menjadi momok mengerikan bagi manusia.

Namun, ada yang menarik dari ditemukannya antibiotik ini, yaitu ternyata ditemukan secara kebetulan dan ketidak sengajaan. Seorang ilmuwan Skotlandia, Alexander Fleming sedang bereksperimen dengan Staphylococcus, namun ia pergi berlibur selama dua minggu tanpa menyadari telah meninggalkan Staphylococcus dalam sebuah cawan berisi petri. Ketika ia kembali, ia menyaksikan salah satu kejadian paling menakjubkan dalam sejarah kedokteran.

Ia melihat bahwa Staphylococcus telah terkontaminasi dalam cetakan hijau biru dari jendela yang terbuka dan yang lebih penting adalah bakteri tidak dapat tumbuh dimana saja disekitar tempat beradanya Staphylococcus tersebut.

  1. Hitler Nyaris Menjadi Seorang Pelukis

Adolf Hitler, pemimpin partai Nazi di Jerman, pria yang bertanggung jawab atas terjadinya perang dunia II ( perang paling mematikan dalam sejarah manusia ), pembantaian Holocaust dalam skala besar-besaran dan juga kerusakan lainnya sebagai efek dari perang dunia.

Namun sulit dipercaya, kalau sebenarnya jalan sejarah bisa saja berubah kalau dia memutuskan untuk meneruskan cita-citanya, menjadi seorang pelukis. Pada usia 18 tahun dia sebenarnya masuk ke kelas lukis pada sebuah akademi namun ternyata ditolak. Saat itu dia belum menyerah dan mencobanya lagi tahun depan yang berujung kembali pada penolakan dan akhirnya mimpinya untuk menjadi seorang seniman harus kandas.

Seterusnya, kita telah sama-sama tahu bahwa akhirnya dirinya menjadi pelopor terjadinya lembaran hitam di peradaban manusia.

 

Ditulis Oleh :

Anggi Rifki Marsyawal Siregar

 

Sumber:

– kaskus.co.id

– Ribet88, kaskuser

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *